PKKM adalah singkatan dari Penilaian Kinerja Kepala Madrasah yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan madrasah. Proses penilaian ini menjadi sangat penting karena kepala madrasah memegang peran kunci dalam pengelolaan dan pengembangan lembaga pendidikan.
Dalam PKKM ini, kinerja kepala madrasah dalam mengelola madrasahnya akan dinilai dari berbagai bidang, termasuk manajemen akademik, pengembangan kurikulum, dan keterlibatan dengan masyarakat. Penilaian ini tidak hanya bersifat evaluatif, tetapi juga memberi masukan yang konstruktif untuk perbaikan yang berkelanjutan.
Dengan begitu, diharapkan setelah kegiatan tersebut dilakukan akan diperoleh evaluasi yang membuat sebuah madrasah menjadi lebih baik lagi. Penilaian ini memungkinkan pihak-pihak terkait untuk memahami kelebihan dan kekurangan yang ada, sehingga langkah-langkah perbaikan dapat segera diambil.
Entah itu dari segi program pembelajaran, kesiswaan, saranan prasarana, lulusan, dan masih banyak lagi yang lainnya, PKKM memberikan gambaran menyeluruh tentang kondisi madrasah. Melalui evaluasi yang komprehensif, madrasah diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan layanan yang lebih baik bagi para siswa serta masyarakat. Hasil dari PKKM juga diharapkan dapat menjadi dasar dalam perencanaan strategis ke depan untuk mencapai visi dan misi madrasah.
Tujuan PKKM adalah:
- Mengumpulkan informasi untuk pengembangan karir kepala madrasah.
- Mengumpulkan informasi untuk membantu pengambilan keputusan tentang kinerja kepala madrasah.
- Meningkatkan kinerja kepala madrasah.
- Menjamin objektivitas dalam pembinaan kepala madrasah dengan sistem pengukuran kinerja.
- Menyediakan informasi untuk promosi dan karir kepala madrasah serta penghargaan lainnya.
Manfaat PKKM adalah:
- Kepala madrasah dapat melihat apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari hasil penilaiannya.
- Kepala madrasah menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan keahliannya.
- Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi dan/atau Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota dapat memakai hasil kinerja kepala madrasah untuk mengumpulkan informasi, meningkatkan kebutuhan kompetensi, membuat data profil kinerja, dan bahan pertimbangan penugasan kepala madrasah sesuai dengan tugasnya.
- Yayasan atau lembaga pendidikan dapat memanfaatkan hasil penilaian kepala madrasah untuk mengumpulkan informasi, mengidentifikasi kebutuhan pengembangan kompetensi, membuat data profil kinerja, dan bahan pertimbangan penugasan kepala madrasah dalam yayasan atau lembaga tersebut.
- Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah mendapatkan data tentang pencapaian kinerja kepala madrasah di tingkat nasional.
Bukti Fisik PKKM 2025 di MTs Al-Islam Joresan:
MTs Al-Islam Joresan telah melaksanakan program PKKM dengan baik di tahun ini. Beberapa kegiatan yang dilakukan mencakup pelatihan bagi para guru, pengembangan kurikulum, serta peningkatan fasilitas sekolah. Dokumentasi kegiatan tersebut dapat dilihat dalam bukti fisik yang mencakup sertifikat pelatihan guru, laporan pengembangan kurikulum, dan foto-foto peningkatan fasilitas sekolah, yang semua itu menunjukkan komitmen kami untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memfasilitasi siswa dalam mencapai potensi terbaik mereka. adapaun bukti-buktinya bisa dilihat dibawah ini:
Struktur Tugas, Indikator, Data & Bukti Fisik – Kepala Madrasah
Struktur Tugas, Indikator, Data & Bukti Fisik – Kepala Madrasah
A. Usaha Pengembangan Madrasah
1.1 Mengembangkan madrasah sesuai kebutuhan
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Mampu mengembangkan struktur organisasi yang sesuai kebutuhan program. | Dokumen struktur madrasah. | Observasi & studi dokumen: (1) bagan/struktur organisasi; (2) notulen rapat penetapan struktur; (3) dokumen sosialisasi; (4) daftar hadir. klik disini |
| Mampu menempatkan personalia sesuai kebutuhan. | Dokumen uraian tugas personalia di madrasah. | Studi dokumen: (1) dokumen pengesahan susunan organisasi madrasah; (2) rincian tugas setiap personel; (3) SOP personalia; (4) sertifikat terkait. |
| Mampu mengembangkan pedoman & prosedur kerja organisasi madrasah. | Pedoman dan prosedur kerja organisasi madrasah. | Observasi dokumen: SOP madrasah. klik disini |
1.2 Mengelola perubahan & pengembangan menuju organisasi pembelajar
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Mampu mengembangkan program baru untuk meningkatkan pencapaian target. | Program pengembangan madrasah dengan target indikator keunggulan khas, kerja sama tim, dan data realisasi target yang meningkat dari periode sebelumnya. | Studi dokumen: (1) visi & misi madrasah; (2) data prestasi; (3) data hasil UN 3 tahun terakhir; (4) data alumni. klik disini |
| Mampu membangun tim kerja efektif untuk produk kinerja unggul. | Struktur organisasi lengkap dengan distribusi & deskripsi tugas. | Observasi & studi dokumen: (1) bagan organisasi; (2) SK; (3) tugas & fungsi; (4) terbentuknya KKG/MGMP; (5) program KKG/MGMP; (6) laporan kegiatan KKG/MGMP. |
| Mampu menerapkan berbagai teknik pembaruan dalam pengelolaan pembelajaran. | Penerapan strategi pembaruan yang terprogram. | Studi dokumen: (1) KTSP; (2) kalender pendidikan; (3) perangkat pembelajaran; (4) penilaian; (5) peraturan akademik. klik disini |
| Mampu mengembangkan potensi & meningkatkan prestasi madrasah. | Dokumen bukti perkembangan potensi & prestasi peserta didik yang meningkat dari waktu ke waktu. | Studi dokumen: (1) data prestasi 1 tahun terakhir; (2) data hasil UN 1 tahun terakhir; (3) dokumen akreditasi; (4) program ekstrakurikuler. klik disini |
1.3 Mengelola hubungan madrasah–masyarakat
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Merencanakan kerja sama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat. | Data kerja sama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat. | Studi dokumen: (1) SK komite madrasah; (2) AD/ART komite; (3) program kerja komite; (4) laporan kegiatan; (5) dokumen kerja sama (MoU). |
| Melakukan pendekatan untuk dukungan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat. | Dokumen program kerja sama. | Studi dokumen: (1) program kegiatan kerja sama; (2) foto kegiatan; (3) jadwal kegiatan; (4) SK penanggung jawab. |
| Memanfaatkan & memelihara hubungan kerja sama. | Data hasil kerja sama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat. | Studi dokumen: laporan kegiatan kerja sama. klik disini |
1.4 Mengelola pencapaian 8 SNP
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Mengaplikasikan pengembangan kurikulum mengacu standar isi. | Dokumen analisis 8 SNP (standar isi). | Studi dokumen: (1) KTSP; (2) kalender pendidikan; (3) perangkat pembelajaran; (4) penilaian; (5) peraturan akademik; (6) Buku Kerja Guru. klik disini |
| Mengaplikasikan proses pembelajaran mengacu standar proses. | Dokumen analisis 8 SNP (standar proses). | Studi dokumen: (1) pengembangan silabus; (2) RPP/RPE; (3) buku teks; (4) jurnal mengajar guru; (5) data siswa. klik disini |
| Mengaplikasikan sistem penilaian mengacu standar penilaian. | Dokumen analisis 8 SNP (standar penilaian). | Studi dokumen: (1) instrumen penilaian; (2) kisi-kisi soal; (3) naskah soal; (4) analisis butir; (5) analisis hasil belajar; (6) laporan hasil belajar; (7) tindak lanjut; (8) dokumen PAS; (9) dokumen PAT. klik disini |
| Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian SKL. | Dokumen analisis 8 SNP (standar kompetensi lulusan). | Studi dokumen: (1) program & laporan kesiswaan; (2) dokumentasi kesiswaan; (3) pembiasaan; (4) literasi; (5) data rata-rata ujian 2 tahun terakhir; (6) prestasi akademik & non-akademik 2 tahun terakhir. |
1.5 Mengelola unit layanan khusus
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Mengelola laboratorium untuk pembelajaran peserta didik. | Bukti pemanfaatan laboratorium (jadwal, kegiatan, dsb.). | Observasi & studi dokumen: (1) luas sesuai standar; (2) sarana pendukung lab; (3) jurnal laboratorium; (4) program pengembangan sarpras. |
| Mengelola perpustakaan dalam menyiapkan sumber belajar. | Bukti pemanfaatan perpustakaan (jadwal, kegiatan, dsb.). | Observasi & studi dokumen: (1) luas sesuai standar; (2) sarana pendukung; (3) buku induk; (4) laporan/statistik pengelolaan. |
| Mengelola usaha madrasah untuk pembelajaran dan pemasukan dana. | Bukti kegiatan usaha madrasah untuk pembelajaran. | Studi dokumen: data/laporan kegiatan usaha madrasah. |
| Mengelola koperasi madrasah sebagai media praktik/sumber belajar. | Bukti pemanfaatan koperasi (jadwal, kegiatan, dsb.). | Observasi & studi dokumen: (1) instrumen hasil praktik pembelajaran; (2) foto kegiatan praktik. |
1.6 Mengelola sistem informasi madrasah
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Memanfaatkan TIK dalam manajemen madrasah. | Bukti pemanfaatan TIK dalam manajemen. | Observasi, studi dokumen & wawancara: (1) fasilitas TIK; (2) sumber daya informasi. |
| Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran (sumber & media belajar). | Bukti pemanfaatan TIK sebagai sumber/media pembelajaran. | Observasi & wawancara: (1) komputer; (2) internet; (3) website; (4) email madrasah; (5) pemanfaatan TIK untuk pembelajaran. klik disini |
| Memanfaatkan TIK untuk menjalin kerja sama. | Bukti pemanfaatan TIK dalam kerja sama. | Observasi, wawancara & studi dokumen: (1) pengelolaan SIM; (2) fasilitas SIM; (3) surat tugas pengelola SIM; (4) pelaporan data & informasi. klik disini |
| Memanfaatkan TIK untuk promosi program & prestasi. | Bukti pemanfaatan TIK untuk promosi program & prestasi. | Observasi, wawancara & studi dokumen: (1) pengelolaan SIM; (2) fasilitas SIM; (3) surat tugas pengelola SIM; (4) pelaporan data & informasi. klik disini |
1.7 Memanfaatkan kemajuan TIK
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Mengembangkan sistem administrasi yang efektif berbasis TIK. | Penerapan TIK (komputer, intranet, internet) dalam administrasi: persuratan, sarpras, kepegawaian, kesiswaan, keuangan. | Observasi & wawancara: (1) jumlah komputer/LCD memadai; (2) jaringan internet; (3) web sekolah; (4) email madrasah; (5) pemanfaatan TIK untuk administrasi. |
| Mengelola administrasi pembelajaran secara efektif berbasis TIK. | Model penerapan TIK dalam pengelolaan kurikulum & pembelajaran (komputer, intranet, internet). | Observasi & wawancara: (1) jumlah komputer/LCD memadai; (2) jaringan internet; (3) pemanfaatan TIK untuk pembelajaran. |
| Mengembangkan sistem pengelolaan perpustakaan berbasis TIK. | Model pengelolaan perpustakaan berbasis komputer/intranet/internet. | Observasi & studi dokumen: (1) katalog digital; (2) BSE; (3) akses internet; (4) komputer; (5) aplikasi layanan perpustakaan. |
B. Pelaksanaan Tugas Manajerial
2.1 Perencanaan madrasah
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Mengembangkan RKJM, RKT/RKAM berbasis hasil evaluasi 8 SNP. | Dokumen RKJM, RKT/RKAM mencakup SNP. | Studi dokumen: (1) EDM; (2) RKJM & RKT berbasis EDM. |
| Merumuskan visi–misi sebagai arah program. | Visi–misi hasil keputusan bersama. | Studi dokumen: (1) visi–misi yang ditetapkan; (2) berita acara & daftar hadir perumusan/peninjauan/penetapan. |
| Menentukan strategi pencapaian tujuan beserta indikator terukur. | Dokumen program memuat strategi & indikator. | Studi dokumen: (1) program kerja; (2) RKJM & RKTM. klik disini |
| Menyusun rencana evaluasi keterlaksanaan & pencapaian program. | Dokumen rencana evaluasi program. | Studi dokumen: RKJM & RKTM. |
2.2 Kepemimpinan untuk pendayagunaan sumber daya
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Memberi teladan disiplin (hadir tepat waktu, manajemen waktu). | Dokumen daftar hadir seluruh kegiatan. | Observasi, wawancara & studi dokumen: (1) fingerprint kehadiran; (2) daftar hadir kegiatan. |
| Melaksanakan peraturan sesuai ketentuan. | Keteladanan & pengarahan pada warga madrasah. | Wawancara dengan warga madrasah. |
| Keteladanan dalam pemanfaatan sumber daya efektif & efisien. | Pemecahan masalah bersama, perencanaan & pemantauan pemanfaatan sumber. | Wawancara dengan warga madrasah. |
| Menunjukkan kedisiplinan sebagai insan pembelajar. | Membaca/menulis aktif, komunikasi pengetahuan, media pengembangan gagasan. | Wawancara & observasi: (1) koleksi buku; (2) karya tulis. |
2.3 Budaya & iklim madrasah kondusif
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Menjadi contoh budaya mutu kompetitif (prestasi akademik & nonakademik). | Dokumen peningkatan KKM, target hasil ulangan/UN, dan keunggulan nonakademik yang terprogram & meningkat. | Wawancara & studi dokumen: (1) peningkatan KKM; (2) hasil UN; (3) program keunggulan/inovasi; (4) data prestasi. |
| Melengkapi sarana prasarana untuk suasana belajar kondusif & inovatif. | Lingkungan asri, bersih, rindang, aman, menyenangkan. | Observasi lingkungan madrasah. |
| Memfasilitasi budaya baca & tulis peserta didik. | Data kunjungan/peminjaman, pembaruan koleksi, sumber belajar TIK, publikasi karya, kompetisi karya tulis. | Observasi, wawancara & studi dokumen: (1) rencana & laporan literasi; (2) pengembangan budaya baca; (3) pajangan karya siswa. |
| Memfasilitasi lomba akademik & nonakademik. | Dokumen penyelenggaraan kompetisi & raihan penghargaan. | Observasi & studi dokumen: (1) dokumen kompetisi internal; (2) daftar raihan piagam/piala/trofi. |
2.4 Pengelolaan guru & staf
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Menyusun perencanaan pengembangan pendidik & tenaga kependidikan. | Program pembinaan PTK. | Studi dokumen & wawancara: program kerja kepala madrasah. |
| Pembinaan berkala untuk peningkatan mutu SDM. | Dokumen pelaksanaan pembinaan guru. | Studi dokumen & wawancara: (1) catatan/notulen & daftar hadir; (2) laporan kinerja kepala madrasah. |
| Memfasilitasi peningkatan kompetensi guru & staf administrasi. | Data dukungan fasilitas pembinaan kompetensi. | Studi dokumen & wawancara: (1) catatan/notulen & daftar hadir; (2) laporan kinerja. |
| Memantau & menilai penerapan hasil pelatihan. | Program evaluasi pelatihan/pengembangan profesi. | Observasi & studi dokumen: (1) program pelatihan; (2) laporan pelaksanaan. |
2.5 Sarana & prasarana
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Mengelola prasarana, perabot & sarana. | Data pengelolaan sarana/prasarana baik. | Observasi & studi dokumen: (1) buku inventaris; (2) buku pemeliharaan. |
| Mengelola perpustakaan. | Data perpustakaan dikelola baik. | Observasi fisik & studi dokumen: (1) buku induk; (2) data/grafik layanan. |
| Mengelola laboratorium. | Data laboratorium dikelola baik. | Observasi fisik & studi dokumen: (1) daftar inventaris; (2) jurnal/data/grafik layanan. https://mtsalislam.sch.id/p/wp-content/uploads/2025/11/2.5.3-Mampu-Mengelola-Laboratorium-Madrasah.pdf |
| Mengelola fasilitas penunjang (bengkel, toko, koperasi, kebun, dsb). | Data fasilitas penunjang dikelola baik. | Observasi fisik, wawancara & studi dokumen: data fasilitas wirausaha madrasah. |
2.6 Peserta didik (PPDB, penempatan, pengembangan)
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Perencanaan penerimaan, pengelolaan & pengembangan kompetensi peserta didik. | Program PPDB, kriteria penerimaan, analisis bekal ajar awal. | Studi dokumen: (1) program PPDB; (2) brosur; (3) data analisis kemampuan awal. https://mtsalislam.sch.id/p/wp-content/uploads/2025/11/2.6.1-Perencanaan-Penerimaan-Pengelolaan-dan-Pengembangan-Kompetensi-Peserta-Didik.pdf |
| Program pengembangan potensi diri & prestasi. | Dokumen program pengembangan diri & prestasi. | Observasi & studi dokumen: program pengembangan diri. |
| Fasilitasi pembiasaan nilai-nilai. | Program akademik & nonakademik berbasis penanaman nilai. | Observasi, wawancara & studi dokumen: (1) program & laporan; (2) dokumentasi kegiatan. |
| Fasilitasi pengembangan diri peserta didik, pendidik, & tendik. | Data keterlaksanaan program pengembangan diri. | Observasi & wawancara; studi dokumen: (1) program; (2) dokumentasi; (3) data prestasi. |
2.7 Kurikulum & pembelajaran
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Mengarahkan penerapan prinsip pengembangan KTSP (IHT, workshop, rapat, MGMP/KKG). | Dokumen hasil pengembangan kurikulum. | Studi dokumen: (1) kurikulum berlaku; (2) SK tim pengembang; (3) dokumen penyusunan (daftar hadir, berita acara, notulen). |
| Mengendalikan pelaksanaan KTSP sesuai kalender pendidikan, SK pembagian tugas, & aturan akademik. | Pelaksanaan kurikulum sesuai perangkat. | Studi dokumen: (1) struktur kurikulum; (2) jadwal pelajaran; (3) daftar hadir guru; (4) peraturan akademik. klik disini |
| Memfasilitasi efektivitas tim kerja guru. | Bukti kerja sama guru intra/antar satuan pendidikan. | Studi dokumen: (1) program KKG/MGMP; (2) laporan pelaksanaan. |
| Mengembangkan layanan belajar inovatif & sumber belajar terbarukan. | Penggunaan metode/alat TIK, alat peraga, teknik evaluasi baru; produk belajar dipublikasikan. | Observasi kelas, studi dokumen & wawancara: ragam metode, media & sumber di RPP. klik disini |
| Memfasilitasi kolaborasi & kompetisi akademik/nonakademik. | Data kegiatan kolaborasi & kompetisi tingkat madrasah. | Wawancara & studi dokumen: (1) program/laporan kesiswaan; (2) data prestasi. |
2.8 Keuangan madrasah
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Merencanakan kebutuhan keuangan (jangka pendek & panjang). | Dokumen RKJM & RKTM. | Studi dokumen: (1) RKJM & RKTM; (2) laporan keuangan; (3) buku kas. |
| Mengupayakan sumber keuangan (luar madrasah & unit usaha). | Dokumen RKJM & RKTM. | Studi dokumen: RKJM & RKTM. |
| Koordinasi pengelolaan keuangan sesuai regulasi (prioritas & efisiensi). | Dokumen RKJM & RKTM. | Studi dokumen: RKJM & RKTM. |
| Membuat laporan & evaluasi keuangan (akuntabel, transparan, efisien). | Dokumen RKJM & RKTM. | Studi dokumen: (1) RKJM & RKTM; (2) laporan keuangan; (3) buku kas. |
2.9 Ketatausahaan
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Mengelola administrasi surat masuk/keluar sesuai pedoman. | Bukti dokumen surat masuk & keluar. | Studi dokumen: surat masuk/keluar. |
| Mengelola administrasi madrasah (akademik, kesiswaan, sarpras, keuangan, kemitraan). | Bukti dokumen administrasi madrasah. | Studi dokumen: administrasi madrasah. |
| Mengelola administrasi kearsipan (dinamis & lainnya). | Bukti dokumen administrasi arsip. | Studi dokumen: administrasi kearsipan. |
| Mengelola administrasi akreditasi (dokumen pendukung & bukti fisik). | Bukti dokumen administrasi akreditasi. | Studi dokumen: pemenuhan 8 SNP. |
2.10 Monitoring, evaluasi & pelaporan
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Menyusun standar kinerja program yang terukur. | Dokumen SKP terukur. | Studi dokumen: SKP. |
| Monitoring & evaluasi kinerja program dengan teknik yang sesuai. | Dokumen pelaksanaan monev. | Studi dokumen: pelaksanaan monev. |
| Menyusun laporan sesuai standar pelaporan monev. | Dokumen laporan monev. | Studi dokumen: laporan monev. |
| Merumuskan program tindak lanjut berdasarkan hasil monev. | Dokumen program tindak lanjut. | Studi dokumen: program tindak lanjut berbasis monev. |
C. Pengembangan Kewirausahaan
3.1 Inovasi untuk pengembangan madrasah
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Memahami & menghayati tujuan inovasi madrasah. | Bukti perubahan madrasah yang lebih baik dari tahun ke tahun. | Studi dokumen: program pengembangan kewirausahaan. |
| Menggunakan metode, teknik & proses perubahan. | Bukti strategi perubahan yang lebih baik. | Observasi: (1) pemanfaatan hasil inovasi & kreativitas; (2) pembudayaan inovasi; (3) pengembangan pembudayaan inovasi. |
| Menumbuhkan iklim kebebasan berpikir kreatif & inovatif. | Bukti iklim yang mendorong kreativitas & inovasi. | Observasi & studi dokumen: (1) jenis usaha produktif yang dimiliki; (2) program pengelolaan & pendayagunaan hasil usaha. |
| Mendorong prakarsa/keberanian moral melakukan hal baru. | Bukti keberanian warga madrasah melakukan hal baru. | Observasi & studi dokumen: (1) jenis usaha produktif; (2) program pendayagunaan hasil usaha. |
3.2 Kerja keras menuju organisasi pembelajar efektif
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Bertindak kreatif & inovatif (cara berpikir & bertindak). | Bukti kegiatan kreatif & inovatif. | Observasi & studi dokumen: (1) RPP memuat keterampilan berpikir 6C; (2) hasil karya siswa; (3) foto aktivitas pembelajaran. |
| Memberdayakan potensi madrasah ke kegiatan produktif menguntungkan. | Bukti pemberdayaan potensi madrasah. | Observasi, wawancara & studi dokumen: (1) RPM; (2) penanganan kasus; (3) hasil kegiatan; (4) pengembangan madrasah. |
| Menumbuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif, produktif). | Bukti penumbuhan jiwa kewirausahaan. | Observasi, wawancara & studi dokumen: (1) RPM; (2) penanganan kasus; (3) hasil kegiatan; (4) pengembangan madrasah. |
| Mencatat & mengembangkan ide baru. | Bukti kegiatan pencatatan & pengembangan ide. | Observasi, wawancara & studi dokumen: RPM. |
3.3 Motivasi kuat untuk sukses
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Bersedia belajar dari orang lain. | Bukti kemauan belajar dari pihak lain. | Observasi, wawancara & studi dokumen: (1) forum komunikasi dengan lembaga lain & orang tua; (2) foto kegiatan. |
| Selalu berupaya melakukan yang terbaik. | Bukti keinginan berprestasi. | Observasi, wawancara & studi dokumen: (1) dokumen/foto pelaksanaan kegiatan; (2) keikutsertaan lomba; (3) prestasi guru/tendik/kamad. |
| Menciptakan perubahan yang kuat. | Bukti dorongan perubahan. | Observasi, wawancara & studi dokumen: (1) inovasi/RPM; (2) laporan capaian target. |
3.4 Pantang menyerah & solutif
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Melibatkan tokoh agama/masyarakat/pemerintah memecahkan masalah kelembagaan. | Bukti pelibatan pemangku kepentingan. | Observasi, wawancara & studi dokumen: (1) MoU; (2) sister school; (3) kemitraan. |
| Bersikap objektif dalam konflik internal. | Bukti sikap objektif. | Dokumen kegiatan & foto. |
| Bersikap simpatik/tenggang rasa. | Bukti sikap empatik. | Studi dokumen kegiatan & foto. |
3.5 Naluri kewirausahaan dalam produksi/jasa
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Merencanakan kegiatan produksi/jasa sesuai potensi. | Dokumen perencanaan kegiatan produksi sesuai potensi. | Studi dokumen: laporan pelaksanaan & hasil Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan. |
| Membina kegiatan produksi/jasa profesional & akuntabel. | Dokumen pembinaan kegiatan produksi/jasa. | Studi dokumen: laporan pelaksanaan & hasil Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan. |
| Melaksanakan pengawasan & menyusun laporan. | Dokumen pengawasan & laporan. | Wawancara & studi dokumen: (1) laporan evaluasi Program Pengembangan Kewirausahaan; (2) Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan; (3) Program Unit Produksi. |
| Mengembangkan produksi/jasa & pemasarannya. | Dokumen pengembangan produksi/jasa & pemasaran. | Wawancara & studi dokumen: (1) laporan evaluasi; (2) Program Jiwa Kewirausahaan; (3) Program Unit Produksi. |
D. Supervisi Kepada Guru & Tenaga Kependidikan
4.1 Program supervisi akademik
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Mengidentifikasi masalah guru dalam pembelajaran. | Rumusan masalah dari pemantauan perencanaan, pelaksanaan & penilaian. | Studi dokumen: (1) program supervisi pembelajaran; (2) jadwal; (3) SK tim supervisor. |
| Merumuskan tujuan & target terukur. | Rumusan tujuan supervisi dengan target terukur. | Studi dokumen: (1) program supervisi; (2) jadwal pelaksanaan. |
| Mengembangkan instrumen supervisi. | Instrumen relevan dengan indikator capaian. | Studi dokumen: instrumen supervisi. |
4.2 Pelaksanaan supervisi akademik
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Pertemuan awal: menjaring RPP & menetapkan fokus supervisi. | Data pertemuan awal: masalah, tujuan, fokus, instrumen yang disepakati. | Wawancara & studi dokumen: program supervisi pembelajaran. |
| Observasi pembelajaran & pencatatan objektif selektif. | Dokumen hasil observasi lengkap & relevan. | Wawancara & studi dokumen: (1) instrumen supervisi; (2) laporan hasil supervisi. |
| Pertemuan refleksi & analisis hasil observasi. | Catatan pelaksanaan, himpunan data, analisis, penilaian keunggulan/kelemahan, rekomendasi. | Wawancara & studi dokumen: analisis hasil supervisi. |
| Menyusun rekomendasi tindak lanjut (analisis butir, remedial, pengayaan). | Data tindak lanjut supervisi penilaian: bukti analisis butir, remedial, pengayaan. | Wawancara & studi dokumen: (1) hasil analisis & tindak lanjut; (2) program workshop/diklat guru. |
4.3 Penilaian & tindak lanjut supervisi
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Fasilitasi perencanaan tindak lanjut perbaikan sistem penilaian. | Bukti tindak lanjut perbaikan sistem penilaian. | Wawancara & studi dokumen: program supervisi pembelajaran. |
| Mengecek keterlaksanaan rekomendasi. | Dokumen rekomendasi perbaikan berkala. | Wawancara & studi dokumen: (1) instrumen supervisi; (2) laporan hasil supervisi. |
| Pembinaan & pengembangan guru pasca-supervisi. | Bukti laporan tindak lanjut dasar pembinaan. | Wawancara & studi dokumen: analisis hasil supervisi. |
| Gunakan data supervisi untuk pemetaan & perbaikan siklus berikutnya. | Hasil supervisi untuk penilaian kinerja & pemetaan profil madrasah. | Wawancara & studi dokumen: (1) analisis & tindak lanjut; (2) program workshop/diklat. |
E. Hasil Kinerja Kepala Madrasah
5.1 Prestasi peserta didik
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Prestasi akademik peserta didik. | Terdapat prestasi akademik pada berbagai tingkat. | (1) Minimal 1 kejuaraan tingkat kecamatan; (2) 1–2 kejuaraan tingkat kabupaten; (3) ≥3 kejuaraan tingkat provinsi; (4) ≥3 tingkat provinsi atau ≥1 tingkat nasional. klik disini |
| Prestasi nonakademik peserta didik. | Terdapat prestasi nonakademik pada berbagai tingkat. | (1) Minimal 1 kejuaraan tingkat kecamatan; (2) 1–2 kejuaraan tingkat kabupaten; (3) ≥3 kejuaraan tingkat provinsi; (4) ≥3 tingkat provinsi atau ≥1 tingkat nasional. klik disini |
5.2 Prestasi pendidik & tenaga kependidikan
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Prestasi akademik pendidik & tenaga kependidikan. | Terdapat prestasi akademik PTK pada berbagai tingkat. | (1) Minimal 1 kejuaraan tingkat kecamatan; (2) 1–2 kejuaraan tingkat kabupaten; (3) ≥3 kejuaraan tingkat provinsi; (4) ≥3 tingkat provinsi atau ≥1 tingkat nasional. |
| Prestasi nonakademik pendidik & tenaga kependidikan. | Terdapat prestasi nonakademik PTK pada berbagai tingkat. | (1) Minimal 1 kejuaraan tingkat kecamatan; (2) 1–2 kejuaraan tingkat kabupaten; (3) ≥3 kejuaraan tingkat provinsi; (4) ≥3 tingkat provinsi atau ≥1 tingkat nasional. |
5.3 Prestasi madrasah
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Keunggulan prestasi akademik madrasah. | Bukti keunggulan prestasi akademik. | (1) Peringkat 5 besar kecamatan; (2) 5 besar kabupaten; (3) 5 besar provinsi; (4) 5 besar nasional. |
| Keunggulan prestasi nonakademik madrasah. | Bukti keunggulan prestasi nonakademik. | (1) Peringkat 5 besar kecamatan; (2) 5 besar kabupaten; (3) 5 besar provinsi; (4) 5 besar nasional. |
5.4 Prestasi kepala madrasah
| Indikator Kinerja | Data yang Diharapkan | Bukti Fisik |
|---|
| Ijazah yang dimiliki kepala madrasah. | Bukti ijazah kepala madrasah. | (1) s.d. S1; (2) s.d. S2; (3) s.d. S3 dalam negeri; (4) s.d. S3 luar negeri. |
| Diklat/pelatihan yang diikuti kepala madrasah. | Bukti keikutsertaan diklat. | (1) Minimal 3 SITPL tingkat provinsi; (2) >3 STPPL tingkat provinsi; (3) Minimal 3 SITPL tingkat provinsi; (4) >3 STPPL tingkat provinsi. |
| Penguasaan ICT kepala madrasah. | Bukti penguasaan ICT. | (1) Menguasai ≥1 program Microsoft Office/sejenis; (2) ≥2 program; (3) semua program; (4) semua program & internet. |
| Prestasi kepala madrasah. | Bukti prestasi kepala madrasah. | (1) 10 besar tingkat kabupaten; (2) 5 besar kabupaten; (3) 10 besar provinsi; (4) 10 besar nasional. |
| Penelitian kependidikan oleh kepala madrasah. | Bukti karya penelitian kependidikan. | (1) Minimal 1 kali; (2) ≥2 kali; (3) ≥3 kali; (4) ≥4 kali penelitian. |
| Pelibatan komite dalam mendukung program. | Bukti pelibatan komite madrasah. | (1) Tidak melibatkan; (2) Melibatkan namun kurang berperan; (3) Melibatkan dengan peran cukup; (4) Melibatkan dengan peran sangat baik. |
| Kemitraan dengan stakeholder pendidikan untuk peningkatan kompetensi guru. | Bukti kerja sama kemitraan. | (1) Belum melibatkan; (2) Kurang melibatkan; (3) Cukup melibatkan; (4) Sangat melibatkan. |